Hari Jadi Batola Juga Dimeriahkan Dengan Perlombaan Balogo

Hari Jadi Kabupaten Barito Kuala dirangkai dengan berbagai lomba permainan tradisional, diantaranya balogo, babatisan, bakiak dan tarik tambang.  Salah satu lomba yang banyak diminati yaitu lomba balogo. Minggu, (02/01/2022) diadakan seleksi lomba balogo. 15 peserta terbaik hasil seleksi akan mengikuti lomba balogo yang digelar pada Rabu-Kamis (05-06 Januari 2022).

Kamis, (06/01/2022) merupakan final perlombaan balogo yang digelar di Lapangan 5 Desember pada pagi hari, namun ditengah permainan babak final 15 besar cuaca diguyur hujan sehingga pertandingan terpaksa dipindahkan ke Gedung Serba Guna yang berlokasi di Komplek Perkantoran Jalan Jenderal Sudirman Marabahan.

Salah satu peserta dari Kabupaten Tanah Bumbu mengatakan sangat mengapresiasi perlombaan balogo ini. “Kami jauh-jauh dari  Kabupaten Tanah Bumbu hanya untuk ikut memeriahkan perlombaan balogo, dan Saya berharap agar nantinya perlombaan balogo ini bisa go internasional” ujar Jayadi .

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Batola, Akhmad Wahyuni mengatakan bahwa lomba balogo ini merupakan kerjasama antara Disporbudpar dan KORMI Barito Kuala. Lomba balogo dibatasi satu kabupaten hanya boleh 5 tim, satu tim terdiri dari 3 orang.

Terkait suskesnya pelaksanaan  serta besarnya hadiah, pria yang akrab disapa pak Wawah mengucapkan terima kasih dan berencana kembali menggelar kegiatan ini tahun depan. “Kegiatan ini akan terus dilaksanakan setiap event-event  hari jadi Kabupaten Barito Kuala dan insya Allah akan ditingkatkan lagi” papar ketua KORMI, Wawah.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang sifatnya melestarikan olahraga reakasi masyarakat dibawah naungan KORMI, sehingga kegiatan ini akan terus kita galakan di masyarakat kedepannya” tambah beliau.

Lomba balogo ini dimenangkan oleh Pemali  dari Kotabaru sebagai juara I dengan perolehan nilai tertinggi yaitu 27, Dayunk HMB dari Tanah Bumbu sebagai juara II dengan nilai 24 dan Bagantar dari Tapin sebagai juara III dengan nilai 23.

Sedangkan diposisi empat diduduki oleh Blok M dari Kotabaru dengan nilai 22, posisi lima Canting Langit dar Balangan dengan nilai 21 dan posisi enam TRBB dari Tapin dengan nilai 20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *