Menu
Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 11.00

Warga Desa Terantang bentuk KIM “Karya Membangun”

28 June 2019 0 Comment


Marabahan, 3 Mei 2019 – “Kelompok informasi masyarakat atau KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif dengan mengolah infromasi untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan nilai tambah ekonomis.” Demikian ditegaskan oleh Hj. Sri Wahidah, S.IP, Kabid. PSDK Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Kuala dalam pemaparannya dihadapan lebih dari 40 warga Desa Terantang, Kecamatan Mandastana dalam kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Ditambahkan bahwa, “KIM adalah sarana tepat bagi warga untuk mengatasi persoalan bersama di masyarakat melalui akses dan pemberdayaan informasi sehingga masalah bersama itu bisa diidentifikasi lebih awal, dan didiskusikan untuk mencari pemecahannya.”

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito kuala di Aula Kantor Desa Terantang, Kecamatan Mandastana, Rabu tanggal 25 Juni 2019 tersebut, Hj. Sri Wahidah menguraikan peran, fungsi dan manfaat KIM, serta potensinya dalam memberdayakan masyarakat desa melalui pengelolaan informasi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, baik untuk antisipasi terhadap berbagai ketidakpastian informasi akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maupun untuk peningkatan nilai ekonomis bagi warga.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh berbagai kalangan baik dari pelajar, warga dari berbagai profesi, anggota kelompok organisasi wanita, serta tokoh masyarakat desa setempat, juga diisi tanya jawab seputar cara pembentukan, jenis aktivitas, dan berbagai hal yang berkaitan dengan KIM dan potensi manfaatnya bagi warga masyarakat. Sebagian besar peserta tertarik menggali potensi KIM dalam meningkatkan nilai ekonomis dari informasi sehingga sepakat membentuk Kelompok Informasi Masyarakat “Karya Membangun” Desa Terantang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, yang diketuai oleh M. Saskia Thamrin, dan didukung penuh oleh Kepala Desa setempat, Jamaluddin, dengan mengukuhkan pembentukannya melalui Surat Keputusan Kepala Desa Terantang, Kecamatan Mandastana Nomor 03 Tahun 2019. Dalam kesempatan ini, Jamaluddin menyambut baik pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat Karya Membangun dan berharap dapat menjadi mitra Pemerintah Desa untuk menyaring informasi dan menyalurkan informasi yang positif dan bersifat membangun bagi masyarakat dalam upaya bersama memajukan Desa Terantang. (yd26019)

KAMI MENGHUBUNGKAN :
17 KECAMATAN
6 KELURAHAN
73 DESA
0511 - 6701895
0511 - 6701255
diskominfo@baritokualakab.go.id