Menu
Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 11.00

17 Kecamatan Dan Desa Batola Terkoneksi Internet

23 November 2018 0 Comment


Marabahan – Prioritas kegiatan Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Barito Kuala Tahun 2018 adalah terkoneksinya 17 Kecamatan lingkup Kabupaten Barito Kuala kedalam Jaringan e-Government Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, dimana sumber koneksi internet tersebut berasal dari Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Barito Kuala. Dengan terkoneksinya internet maupun intranet pada 17 Kecamatan tersebut diharapkan akan membantu kegiatan Kecamatan yang memerlukan fasilitas koneksi internet/intranet. Selain 17 Kecamatan pada saat ini telah terdapat 63 Desa lingkup Kabupaten Barito Kuala yang juga terkoneksi kedalam jaringan e-Government Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Salah satu kemudahan yang telah didapat setelah terkoneksinya 17 Kecamatan pada saat ini para Bendahara Kecamatan dalam penggelolaan keuangan kecamatan tidak perlu lagi datang langsung ke Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah. Mereka cukup menggunakan aplikasi SIMDA yang telah terkoneksi secara intranet di kantor kecamatan masing – masing. “Saat ini Bendahara Kecamatan terutama yang lokasi jauh dari kota Marabahan tidak perlu lagi menginput data keuangan ke BPKAD”. ujar Akhmad Wahyuni, S.Sos, M.IP Kadis Kominfo. “Untuk Sistem Keuangan Desa atau SISKUEDES saat ini juga tengah dalam proses untuk terkoneksi secara intranet sehingga Perangkat Desa pun tidak perlu lagi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa untuk melaporkan progres pengelolaan dana desa”. lanjutnya.

Selain aplikasi keuangan tersebut diatas ada pula aplikasi lain yang tengah dibangun oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika yaitu Aplikasi e-Agenda yang diberi nama Batola To Do List disingkat BaToList yang merupakan aplikasi pengelolaan agenda SKPD lingkup Kabupaten Barito Kuala.

Kedepannya diharapkan dengan telah terbangunnya infrastruktur jaringan internet/intranet disemua Kecamatan dan Desa lingkup Kabupaten Barito Kuala, Dinas Komunikasi Dan Informatika akan menyediakan Aplikasi e-Government lainnya untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Barito Kuala untuk mendukung salah satu Visi Dan Misi Pemerintah Kabupaten Barito Kuala dalam hal Pelayanan Publik dan menuju Barito Kuala Smart City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KAMI MENGHUBUNGKAN
17 KECAMATAN
0 KELURAHAN
66 DESA
0511 - 6701895
0511 - 6701255
diskominfo@baritokualakab.go.id