Menu
Senin - Kamis 07.30 - 16.00 | Jumat 07.30 - 11.00

Diskominfo Launching Website PPID

30 October 2018 0 Comment


 

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyelenggarakan Sosialisasi Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan Pembantu, Selasa (30/10).

Sosialisasi Tupoksi sekaligus Launching (peluncuran) Website PPID yang berlangsung di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola ini dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) H Supriyono melakukan penekanan password di hadapan Kepala Diskominfo Batola Akhmad Wahyuni dan para peserta sosialisasi sebagai tanda diluncurkannya Website PPID Batola.

Supriyono mengatakan, lembaga pemerintah maupun non pemerintah wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan terkait kegiatan, program, dan kebijakan yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan. Karenanya, sosialisasi yang dilakukan ini dinilai sangat penting.

“Pejabat PPID Utama dan Pembantu memiliki peran dalam memberikan informasi kepada khalayak. Karena itu seorang pejabat harus memiliki kemampuan dalam mengelola informasi dan dokumentasi untuk memberikan pemahaman bagi PPID dalam mengelola daftar informasi dan dokumentasi publik,” katanya saat membacakan sambutan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

Bupati berharap, pejabat PPID di masing-masing OPD harus dapat mengoptimalkan perannya dalam memberikan informasi dan dokumentasi publik demi terwujudnya kualitas SDM yang memiliki kompetensi.

Sementara bagi OPD yang belum memiliki pejabat PPID dimintakan untuk sesegera melengkapinya dengan menunjuk salah satu pegawai yang dinilai layak dan paling memenuhi kemampuan.

Sementara itu, Narasumber Sosialisasi Topuksi PPID, H Bahrom Majie (Kabid Pengelolaan IKP Diskominfo Provinsi Kalsel), dalam makalahnya berjudul Penguatan PPID dalam Permohonan Informasi Publik menguraikan sesuai Undang-Undang KIP pasal 4 pemerintahan harus terbuka dan melayani melalui penyediaan informasi publik secara benar, akurat, dan tidak menyesatkan. Dalam kaitan itu, sebutnya, setiap badan publik memiliki kewajiban dalam pelayanan informasi melalui PPID yang ditunjuk.

Dikatakannya, PPID (UU KIP pasal 1 angka 9) merupakan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi yang bertanggungjawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di bidang publik.

PPID, lanjut Bahrom, dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab mengkoordinasikan setiap unit/satuan kerja di badan publik dalam melaksanakan pelayanan informasi publik, memutuskan suatu informasi dapat diakses publi atau tidak, menolak permohonan informasi secara tertulis apabila informasi yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan atau rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tatacara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut.

Selain itu PPID dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab berwenang menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan daftar informasi secara berkala sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan dalam hal badan publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.

Sebelumnya, Kabid Pengelola Informasi Diskominfo Batola, Titien Hariyati mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Tupoksi PPID Utama dan Pembantu sekaligus Launching Website PPID Batola ini agar PPID Utama dan Pembantu di tiap SKPD dapat memahami arti, peran, dan tugas pokok dan fungsi pentingnya PPID dalam mendukung keterbukaan informasi di Pemkab Batola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KAMI MENGHUBUNGKAN
17 KECAMATAN
0 KELURAHAN
66 DESA
0511 - 6701895
0511 - 6701255
diskominfo@baritokualakab.go.id